pemilihan OPPMA

Santri Ponpes Modern Al Fatimah Ciptakan E-Voting, Digunakan dalam Pemilihan Ketua OPPMA

Info Al-Fatimah OPPMA OPPMA Al-Fatimah Organisasi Pondok

Senin, 12 September 2022 Komisi Pemilihan Umum Pelajar (KPUP) SMP dan SMA Plus Al-Fatimah Bojonegoro menggelar pemilihan ketua OPPMA (Organisasi Pondok Pesantren Modern Al-Fatimah) masa khidmat 2022 – 2023. Pemilihan ini diikuti oleh seluruh santri dan jajaran asatidz dan asatidzat Pondok Pesantren Modern Al-Fatimah.

Untuk pertama kalinya, santri Ponpes Modern Al Fatimah berhasil menciptakan sistem e-voting dan hasil karya santri tersbut berhasil digunakan untuk pemilihan ketua OPPMA melalui sistem e-voting.
E-votong sendiri digelar pada hari ini, Senin, (12/09/2022) di halaman Ponpes Modern Al Fatimah Bojonegoro.

Penyelenggaraa e-voting melalui lembaga independen yaitu Komisi Pemilihan Umum Pelajar (KPUP) SMP dan SMA Plus Al-Fatimah Bojonegoro. E-voting memilih ketua dan wakil ketua OPPMA (Organisasi Pondok Pesantren Modern Al-Fatimah) masa khidmat 2022 – 2023.

Sistem e-Voting di Ponpes Al Fatimah dijalankan yaitu dengan sistem dimana pemilih menggunakan hak pilihnya melalui system online, atau berbasis digital. Para calon pemilih difasilitasi laptop di halaman Ponpes yang kemudian digunakan secara bergantian oleh para pemilih untuk menggunakan hak pilihnya.

e-voting di Ponpes Al Fatimah berlangsung kurang lebih hanya setengah hari, yaitu pagi hingga siang. e-voting diikuti oleh ribuan santri Pon Pes Al Fatimah dan dewan asatid dan asatidzat.

Seluruh calon ketua dan wakil ketua OPPMA Ponpes. Modern Al-Fatimah yang terdiri dari 8 pasang calon yaitu dari SMP Plus Al-Fatimah (4 pasang calon ketua dan wakil ketua) dan dari SMA Plus Al-Fatimah (4 pasang calon ketua dan wakil ketua)  nampak harap cemas menanti hasil rekapitulasi penghitungan suara yang dilakukan oleh Komisi Pemilihan Umum Pelajar (KPUP) Pondok Pesantren Modern Al-Fatimah Bojonegoro.

Dengan memanfaatkan perkembangan dan kemajuan teknologi panitia KPUP Pondok Pesantren Modern Al-Fatimah melalui system e-Voting yang mereka ciptakan sendiri mampu mempersingkat dan mempercepat jalanya rekapitulasi pemilihan ketua dan wakil ketua pengurus OPPMA masa khidmat 2022 – 2023.

Para santri dan asatid dan asatidzat antusias menyalurkan suaranya melalui sistem e-voting dalam pemilihan ketua OPPMA di halaman Pondok Pesantren Modern Al-Fatimah Bojonegoro. Proses pemilihan cukup demokratis, transparan, adil dan terbuka.

Kontestasi calon ketua diikuti oleh calon ketua dan wakil ketua OPPMA Ponpes Modern Al-Fatimah yang terdiri dari 8 pasang calon yaitu dari SMP Plus Al-Fatimah (4 pasang calon ketua dan wakil ketua) dan dari SMA Plus Al-Fatimah (4 pasang calon ketua dan wakil ketua).

Proses e-voting sendiri cukup meriah, layaknya penyelenggaraan pesta demokrasi, dan berlangsung damai, melahirkan pemimpin yang melalui proses Pemilu secara digital.

Usai menggunakna hak pilihnya, para pendukung masing-masing Paslon nampak harap cemas menanti hasil rekapitulasi penghitungan suara yang dilakukan oleh Komisi Pemilihan Umum Pelajar (KPUP) Pondok Pesantren Modern Al-Fatimah Bojonegoro.

pemilihan OPPMA 1

Uniknya, sistem e-voting ini merupakan hasil karya cipta santri Pon Pes Al Fatimah. Dengan memanfaatkan perkembangan dan kemajuan teknologi panitia KPUP Pondok Pesantren Modern Al-Fatimah menciptakan digital demokrasi melalui system e-Voting.

Baca juga : 92 Santri Al-Fatimah Masuk PTN dan PTS Favorit

Hasil karya santri ini dapat mempersingkat dan mempercepat jalanya rekapitulasi pemilihan ketua dan wakil ketua pengurus OPPMA masa khidmat 2022 – 2023. Sebab hasil e-voting berjalan secara real time dan begitu proses pemilihan selesai bisa dapat langsung diumumkan hasil perolehan suara.

Walhasil ketika pemilihan selesai dilaksanakan hasil rekapitulasi calon ketua dan wakil ketua pengurus OPPMA Pondok Pesantren Modern Al-Fatimah langsung bisa diketahui.

Ajang pemilihan ketua dan wakil ketua OPPMA Pondok Pesantren Modern Al-Fatimah merupakan wahana para santri belajar berorganisasi dan berdemokrasi.

Bagikan Artikel Ini :

1 thought on “Santri Ponpes Modern Al Fatimah Ciptakan E-Voting, Digunakan dalam Pemilihan Ketua OPPMA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *